Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Investasi Tanah Seperti Almarhumah Omas? Cek Dahulu Nih Kelebihan serta Kekurangannya!

Tertarik Investasi Tanah Seperti Almarhumah Omas? Cek Dahulu Nih Kelebihan serta Kekurangannya!

Tertarik Investasi Tanah Seperti Almarhumah Omas? Cek Dahulu Nih Kelebihan serta Kekurangannya!

Tuntutan keperluan hidup tiap manusia tetap akan bertambah bersamaan dengan pertambahan umur.

Beberapa momen penting akan tiba mendekati dari mulai lahir sampai tua. Seperti masuk sekolah, lanjut ke tahap kuliah, menikah, mempunyai keluarga, sampai pensiun. Belum juga kebutuhan-kebutuhan penambahan yang lain seperti liburan, beli mobil atau rumah baru.

Tanpa ada rencana finansial yang baik, susah untuk penuhi tiap keperluan itu bila cuma memercayakan tabungan serta upah bulanan.

Secara singkat, dengan berinvestasi, kita mulai dapat menyiapkan keperluan di hari esok dengan manfaatkan dana yang kita punya sekarang ini.

Sama seperti yang dilaksanakan oleh almarhumah Omaswati binti Naih atau yang seringkali dipanggil Omas. Almarhum yang wafat pada Kamis (17/7/2020) malam hari ini pilih untuk bekal waktu depannya.

Bicara masalah , rupanya mempunyai kelebihan serta kekurangan. Walau harga tanah memang pernah alami kenaikan berulang-kali lipat saat booming property 2012-2013. Ini karena peningkatan harga komoditi saat itu. Serta, peningkatan harga tanah waktu itu bisa disebutkan tidak logis lagi.

Seiring waktu berjalan, harga tanah lama-lama semakin terkoreksi sendirinya. Ini pertanda, sekarang mulai bernafsu kembali lagi.

Nah, di bawah ini beberapa keuntungan serta kekurangan berinvestasi tanah yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

Keuntungan

1. Harga Tanah Condong Naik

Peningkatan harga tanah condong berlangsung tiap tahun. Selain unsur inflasi, ini dikuasai oleh makin langkanya tanah kosong. Tetapi, jumlah masyarakat terus makin bertambah serta pembangunan terus berjalan, hingga memerlukan tempat atau tanah.

Prosentase peningkatan harga tanah bergantung pada tempat tanah itu. Biasanya, kenaikannya capai 20–25 %. Tetapi, bila tanah itu ada di wilayah bertumbuh yang mempunyai akses serta infrastruktur yang baik, dapat jadi kenaikannya capai 100 % sampai 200 % dalam tempo sekian tahun.

2. Mempunyai Nilai Lebih

Mempunyai nilai lebih ialah keuntungan yang ke-2. Bila punyai tanah yang lumayan luas, kamu bisa melipatgandakan berulang-kali lipat yang kamu punya.

Triknya? Kamu bisa membuat perumahan dengan skema klaster.

Dengan demikian, automatis harga tanah kamu akan bertambah lebih mahaldan tentu saja keuntungan yang kamu capai bisa berbuah sebab kamu dapat jual 5-10 rumah.

Harus diingat jika tetap akses infrastrukur harus tetap jadi perhatian supaya klaster yang kamu jual laris.

3. Tidak Memerlukan Banyak Perawatan

Banding waktu kamu berinvestasi pada rumah atau ruko. Untuk seorang pemilik, kamu harus menyiapkan dana untuk ongkos perbaikan atau ongkos perawatan rumah. Hal ini tidak berlaku waktu kamu berinvestasi tanah.

4. Tidak Kemungkinan Hilang

Tidak sama dengan investasi lain seperti emas yang kemungkinan dicuri atau hilang waktu wilayahmu terserang musibah, mustahil hilang.

5. Dapat untuk Usaha Lain

Salah satunya kelebihan kavling ialah peruntukannya bisa dipindah ke usaha yang lain.
Bila tanah kamu kemungkinan dekat sekolahan atau tempat kerja, kamu bisa memakai tempat kosongmu untuk parkir.

Alternatif lain, bila hoby bercocok tanam, kamu dapat manfaatkan tanah untuk bercocok tanam sekalian menanti peningkatan capital gain yang optimal.

Kekurangan

1. Perlu Modal Besar

Jika ingin beli tanah di wilayah yang bagus, dalam pengertian di kota atau dekat kota, pasti kamu membutuhkan ongkos yang besar untuk membeli.

2. Dapat Jadi Tempat yang Tidak Produktif

Bila memilki tanah serta biarkan kosong serta tidak digunakan, kamu tidak dapat memperoleh apa-apa.

Oleh karenanya, kamu harus mengakalinya dengan membuat property di atasnya.

3. Asset Tidak Likuid

Asset likuid ialah asset yang dapat dengan gampang dirubah nilainya jadi uang dalam sekejap. Contohnya emas serta tabungan.

Di lain sisi, tanah membutuhkan proses dan waktu yang lama untuk menjualnya. Dengan begitu, tanah tidak dapat menolong waktu kamu memerlukan uang dalam waktu secara singkat.

4. Ongkos Lain-Lain Kuras Kantong

Jika tanah tidak dipakai untuk apa-apa serta cuma didiamkan dalam tempo lama, siaga kocekmu tetap terkuras.

Pajaknya yang besar, ongkos pengamanan, ditambah lagi bila kamu lupa bayar serta memerhatikan, dapat jadi patok tanah kamu akan dikurangi oleh seseorang.

Parahnya lagi, dapat jadi tanah kamu akan disalahgunakan oleh faksi lain.

5. Daya Jual Bergantung Tempat

Salah satunya kekeliruan yang seringkali dilaksanakan oleh orang yang berinvestasi tanah ialah ketidakjelian dalam 'membaca' tempat.

Tempat ialah aspek khusus yang tentukan capital gain dari tanah yang kamu membeli. Misalnya, tanah yang ada di tempat yang riskan banjir umumnya mempunyai harga yang murah.

Posting Komentar untuk "Tertarik Investasi Tanah Seperti Almarhumah Omas? Cek Dahulu Nih Kelebihan serta Kekurangannya!"

Berlangganan via Email