Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PULAU KOMODO NUSA TENGGARA TIMUR

PULAU KOMODO NUSA TENGGARA TIMUR

Pulau Komodo merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik yang ada di Indonesia, di pulau ini sobat traveller bisa melihat Komodo hidup di habitat aslinya. Komodo yang dalam bahasa latinnya Varanus Komodoensister merupakan satwa langka yang disebut-sebut sebagai hewan purba yang masih bertahan hidup. Pulau Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tahun 1980 dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. 

Pada tahun 2011 Pulau Komodo berhasil meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature bersama enam tempat lainnya yaitu Hutan Amazon, Teluk Halong, Table Mountain, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Air Terjun Iguazu, dan Pulau Jeju. Pulau Komodo pertama kali ditemukan pada tahun 1910 oleh orang belanda bernama letnan Steyn van Hens Broek, letnan ini mencoba membuktikan laporan pasukannya bahwa terdapat hewan besar yang menyerupai naga di sebuah pulau. Bersama pasukannnya letnan Steyn berangkat dan membunuh seekor komodo dan membawanya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti. Pulau Komodo semakin diketahui secara luas setelah Peter A. Ouwens menulis sebuah jurnal yang dimuat di surat kabar milik Hindia Belanda, Peter A. Ouwens sendiri merupakan direktur Museum Zoologi di Bogor.

Keindahan Pulau Komodo

Di Pulau komodo, selain komodo terdapat juga binatang lain seperti kuda, banteng liar, rusa, ular, kera, berbagai jenis burung, dan binatang lainnya. Untuk mengelilingi pulau ini, sobat harus berjalan kaki dengan jalur yang sudah dirancang. Selama berjalan mengelilingi pulau, sobat akan di temani seorang jagawana sekaligus pawang komodo. Selain ditemani, sobat juga akan dibekali dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua, tongkat tersebut dibuat dari jenis kayu yang bisa melemahkan komodo.

Pulau Komodo juga memiliki pantai yang indah, disana sobat bisa melihat keindahan pantai dengan pasir berwarna pink. Hanya ada tujuh buah pantai yang berwarna pink di dunia, salah satunya bisa sobat lihat di Pulau Komodo. Selain menikmati keindahan pantai, bagi sobat yang mempunyai hobi snorkeling maka Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Disana sobat dapat menemukan 385 spesies karang yang indah, rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari. Merupakan pemandangan bawah laut yang sangat memukau.

Transportasi Menuju Pulau Komodo

Untuk menuju Pulau Komodo, sobat bisa menggunakan penerbangan dari Bali menuju Labuan Bajo yang merupakan gerbang untuk masuk ke Pulau Komodo. Dari Labuan Bajo, sobat baru melakukan penyebrangan ke Pulau Komodo. Selain menggunakan pesawat, sobat juga bisa menggunakan bis atau kapal PELNI dari bali. Secara ongkos memang lebih murah menggunakan bis atau kapal PELNI, hanya saja sobat harus bersabar karena perjalanan memakan waktu yang cukup lama.

Dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo, sobat bisa menyewa kapal boat dengan harga sewa yang variatif tergantung jarak spot yang ingin sobat tuju. Jadi sobat harus pintar nawar agar bisa mendapatkan harga yang relatif tidak terlalu mahal.. jika sobat tidak ingin ribet, sobat bisa menggunakan jasa travel di Labuan Bajo yang menawarkan paket wisata Pulau Komodo.

Akomodasi

Rumah penjaga Taman Nasional Komodo bisa dijadikan tempat menginap, fasilitas yang disediakan cukup memadai sehingga sobat bisa beristirahat dengan nyaman. Wisatawan yang datang ke Pulau Komodo kebanyakan lebih memilih menginap di hotel yang ada di Labuan Bajo. Selain menginap di hotel, wisatawan juga biasanya menginap di perahu sewaan. Hampir semua perahu disana memiliki kamar tidur.

Berlibur ke Pulau Komodo memang sangat menyenangkan, saatnya sobat merencanakan untuk pergi berlibur kesana.


Posting Komentar untuk "PULAU KOMODO NUSA TENGGARA TIMUR"